Sabtu , 20 Oktober 2018
Breaking News
Home » Berita » Mentan Akan Pantau Dampak Kekeringan di Cirebon dan Indramayu

Mentan Akan Pantau Dampak Kekeringan di Cirebon dan Indramayu

Cirebon, Jawa Barat (B2B) – Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan anggota DPR dijadwalkan meninjau lokasi sawah rawan kekeringan pada daerah irigasi di Kecamatan Anjatan dan Kecamatan Krangkeng di Kabupaten Indramayu, dan Kecamatan Gegesik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Senin pagi (30/6) dan lokasi sawah rawan kekeringan pada lahan tadah hujan di Kecamatan Losarang dan Kecamatan Kandang Haur di Kabupaten Indramayu.

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) tentang Mitigasi Kekeringan 2015 pada Rapat Koordinasi Perkembangan Produksi dan Serapan Gabah/Beras 2015 di Jakarta pada Selasa (16/6) menyebutkan luas lahan rawan kekeringan di Kabupaten Indramayu mencapai 7.062 hektar, dan Kabupaten Cirebon sekitar 1.055 hektar.

Menteri Amran Sulaiman juga dijadwalkan akan menyalurkan bantuan pompa air di kedua kabupaten tersebut, sesuai komitmen Pemerintah RI untuk mengatasi kekeringan akibat musim kemarau, dengan menargetkan bantuan pompa air hingga 30 ribu unit ke seluruh Indonesia.

Rabu pekan lalu (24/6) Kementerian Pertanian RI telah menyerahkan bantuan 83 unit pompa air untuk membantu para petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur di sela kunjungan kerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementan, Marihot H Panggabean bahwa Menteri Amran telah melakukan langkah antisipasi kekeringan secara nasional yakni sejak awal 2015, dengan perkiraan lahan pertanian yang dilanda kekeringan secara nasional mencapai 198 ribu hektar.

Menurutnya, Mentan berjanji akan memberikan tambahan bantuan anggaran pada 2016 untuk Kabupaten Bojonegoro, karena produksi padinya melebihi target yang ditetapkan kementerian seraya meminta pemerintah kabupaten agar fokus dan serius melakukan langkah antisipasi kekeringan pada 10.128 hektar lahan.

Sumber :

http://berita2bahasa.com/berita/1/03163006-mentan-akan-pantau-dampak-kekeringan-di-cirebon-dan-indramayu#sthash.7nqKyrd2.dpuf20156301 pompa air - abiyadun