Sabtu , 20 Oktober 2018
Breaking News
Home » Berita » Persiapan Mudik, Jalur Pantura Mulai Pasang PJU

Persiapan Mudik, Jalur Pantura Mulai Pasang PJU

IMG_7212

SUSUKAN – Menjelang musim arus mudik Lebaran tahun 2015, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat mulai melakukan pemasangan rambu lalu lintas dan penerangan jalan mum (PJU) di sepanjang jalur pantura. Seperti yang terlihat di jalur pantura Susukan, Kabupaten Cirebon, hingga perbatasan Kertasmaya, Indramayu.

Ada sekitar 55 titik penerangan jalan umum yang dipasang dari jalur pantura Susukan, Kabupaten Cirebon, hingga perbatasan dengan Indramayu itu. Pemasangan tersebut untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas saat malam hari. Terlebih di musim arus mudik tiba. Pemasangannya sendiri sudah berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Cirebon.

“Pemasangan ini hanya 55 titik dari Kecamatan Susukan hingga perbatasan Kertasmaya Indramayu,” ujar Ronald, supervisor pemasangan lampu penerangan jalan umum, Selasa (23/6). Menurutnya, pemasangan ini hanya dibutuhkan waktu selama sepekan untuk menyelesaikan pekerjaanya sebelum musim arus mudik tiba.

Kepala Bidang Lalu Lintas Nono Haryono mengatakan, pemasangan PJU sudah dilakukan di sepanjang jalur pantura untuk menghadapi arus mudik Lebaran. Pemasangan harus selesai 10 hari sebelum masuk arus mudik. “Pemasangan PJU itu dilakukan di sepanjang jalur pantura mulai dari Susukan hingga hingga perbatasan Indramayu. Sedangkan untuk jalur alternatif akan dipasang di jalur Ciwaringin-Arjawinangun. Itu untuk wilayah barat. Untuk wilayah timur, di sepanjang jalur Astanajapura-Ciledug dan jalur Losari-Waled,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Pihaknya berharap, dipasangannya fasilitas PJU di sepanjang jalur pantura bisa meminimalisasi angka kecelekaan lalu-lintas selama arus mudik Lebaran. Terlebih arus mudik tahun ini diperkirakan tidak merayap. Karena adanya tol Cipali. “Saya harap dengan dipasangnya PJU ini bisa menurunkan angka kecelakaan lalu-lintas pada arus mudik,” harapnya. (arn)