Sabtu , 20 Oktober 2018
Breaking News
Home » Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Cirebon

Kenyataan yang dapat kita saksikan pada saat ini adalah terjadinya perubahan-perubahan di Negara kita yang menyangkut segala segi kehidupan berbangsa, bernegara, maupun bermasyarakat. Perubahan-perubahan tersebut menyangkut segi kepatuhan kepada hukum, hidup secara berkeadilan, rasa aman,kehidupan politik dan ekonomi serta kehidupan berbudaya. Adanya perubahan tersebut sudah tentu mempengaruhi lingkungan (externality)dari setiap organisasi yang ada di Negara kita termasuk Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Dalam menghadapi perubahan-perubahan ini, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang harus mampu menciptakan nilai yang ada manfaatnya bagi pihak-pihak yang berkepentingan (Stakeholders) melalui output yang dihasikan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Jika Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang tidak mampu mengantisipasi kondisi yang berkembang dan berubah setiap saat, maka eksistensi organisasi akan segera berakhir.Pelaksanaan otonomi daerah di Negara kita yang menitibertakan otonomi pada pemerintah kabupaten/kota dan desentralisasi fiscal juga berpengaruh besar  terhadap organisasi kita. Dengan berlakunya otonomi daereh ini membawa dampak adanya perluasan tugas-tugas keciptakaryaan.Sebagai salah satu Dinas di Pemerintah Kabupaten Cirebon, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang bertanggung jawab  untuk membantu kelancaran dan keberhasilan tugas-tugas pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di bidang keciptakaryaan. Dalam rangka menunjang Pelaku Pembangunan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang harus mampu optimalisasi meningkatkan kualitas produk unggulan daerah termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia.Oleh karena itu keterbatasan investasi pemerintah, kurangnya keterlibatan swasta, dan inefesiensi penggunaan dana pembangunan dalam menuju kesuksesan  pelaksanaannya Dinas Cipta Karya  dan Tata Ruang menyusun Visi-nya yang menunjukan jati diri fungsi dengan merumuskan Visi sebagai berikut :

“TERWUJUDNYA TATA RUANG SERTA PERMUKIMAN YANG TERATUR, INDAH , BERSIH DAN
AMAN DARI BAHAYA KEBAKARAN”

Dalam konteks tugas pokok dan fungsi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, menjadi pelopor pembanguan yang berwawasan lingkungan ini dapat diterangkan pada diwujudkanya good govermance melalui peningkatan pelayanan  keciptakaryaan  oleh segenap jajaran aparat Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Dengan demikian, Visi Dinas Cipta Karya  dan Tata Ruang memaklumatkan bahwa Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang akan secara harmonis mewujudkan visi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang melalui koridor core business-nya,yakni bidang keciptakaryaan Kemudian, apabila diinterpretasikan ke dalam persepektif balanced scorecard, perrnyataan visi tersebut setidaknya memberikan makna keseimbangan diantara perspektif utama  suatu organisasi : persepektif (customer Stakeholder) atau pelanggan, persepektif internal business process (proses bisnis internal) dan persepektif learning  and growth (pembelajaran dan pertumbuhan).Menjadi pelopor pembangunan yang berwawasan lingkungan merupakan  visi Dinas Cipta karya pada persepektif  customer. Dimasa datang, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ingin dipandang oleh para stakeholders terkait sebagai pelopor yang akan mewujudkan good governance di bidang keciptakaryaan.Terwujudnya visi yang dikemukakan pada bagian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap personil Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut, ditetapkanlah misi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang yang seharusnya dilaksanakan,sehingga hal yang masih abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata dari misi tersebut. Lebih jauh, pernyataan misi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh organisasi, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.

Misi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Cirebon

Misi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ditetapkan sebagai berikut ;

  1. Mewujudkan tata ruang yang teratur
  2. Mewujudkan permukiman yang tertib, asri, bersih dan aman dari bahaya kebakaran
  3. Meningkatkan kualitas permukiman melalui penyediaan prasarana dan sarana  air bersih pembuangan sampah dan air limbah, drainase, taman, lapangan dan pemakaman.
  4. Meningkatkan pelayanan kebersihan, pencegahan dan penanggulangan  bahaya kebakaran.
  5. Mengoptimalkan  pemungutan PAD.

Misi tersebut disusun dengan mempertimbangkan  adanya kebutuhan ataupun tuntutan pada masyarakat yang menginginkan adanya keteraturan sarana dan prasarana lingkungan kawasan dan bangunan. Pemenuhan kebutuhan publik itu dijadikan misi yang hendak dicapai oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, yakni melalui upaya mewujudkan akuntabilitas public sebagi salah satu pilar dari good governance, bersama dengan dua pilar lainya yaitu transparansi dan partisipasi.Apabila diinterpretasikan kedalam persepektif  balanced scorecard,pernyataan misi jelas memperlihatkan keseimbangan diantara persepektif organisasi utama : persepektif customer (stakeholder ataupun pelanggan ),persepektif internal  business process (proses bisnis internal) dan persepektif  learning and growth (pertumbuhan dan pembelajaran) yaitu : Mewujudkan penyelenggaran perencanaan, Pemanfaatan, dan pelaksanaan serta pengaturan tata ruang kawasan; permukiman, industri, perdagangan, dan jasa, dan penyelengaraan rekayasa  dan rancang bangun, pelaksanaan dan pemanfaatan serta pengendalian bangunan gedung serta menyelenggarakan asistensi dan rekomendasi kelayakan bangunan gedung, permukiman yang berkwalitas dengan tersedianya prasarana dan sarana air bersih , Persampahan, Air limbah, drainase, taman, lapangan , pemakaman juga tertanggulangi dari bahaya kebakaran dan penyelenggaraan ketatausahaan Dinas adalah misi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang yang hendak dicapai pada persepektif customer. Misi pada aspek customer ini akan dapat dicapai melalui peningkatan persepektif  internal business process dan persepektif learning and growth.